jump to navigation

PASANG JAM DIGITAL PADA CPU Juni 26, 2010

Posted by mahardhikacellular in My Project.
Tags: , , , , ,
trackback

Hanya dengan menggunakan 3 kapasitor,5 resistor,4 tujuh-segmen display ( seven Segmen ), 1 xtal,2 switch dan 1 Mikrokontroler PIC 16F84 / PIC 16F628, Kita dapat membangun Jam digital ini. 7 segment bisa menggunakan common anoda / catoda , Mengapa saya pasang pada CPU disamping biar unik juga bisa buat monitor sdh berapa lama waktu kita berinternet bila menggunakan Quota Time Based ( Quota berdasarkan waktu pemakaian ) jika kita malas set waktu saat PC dinyalakan krn saat dinyalakan jam menujukan 00 : 00 dalam hal ini kan bisa dijadikan counter waktu. Jika tidak ingin set jam setiap cpu dimatikan atau jika listrik padam kita pasang bateray back up pada rangkaian.Adapun Schematicnya yang saya dapatkan dari open source sebagai berikut

Untuk display 7-segmen diatas menggunakan common anoda.Untuk tegangan hanya dibutuhkan 5VDC,Untuk tegangan backup menggunakan bateray 3VDC.Jadi buat jalur Socket sesuai Regulator CPU biar bisa di coba di sembarang CPU

Untuk pengisian data saya mengunakan downloader Pic 16F628 seperti dibawah ini dan untuk source 

Source  Code  Bisa ambil DISINI


Selanjutnya ambil tutup front pada cpu untuk dilubangi buat lubang tombol minute,Hour dan display

Setelah di lubangi akan seperti dibawah ini

Berikut ini rangkaian PCB prototipe yang sudah jadi:

1.PCB Display


2. Pcb display setelah digabung dengan main PCB hasilnya seperti ini

3. Tampak depan


4. Pasang PCB ke panel yang telah dibuat, sebelumnya display beri screen film ( stiker gelap transparan biar fokus ) dan hasil tes setelah IC di isi program tampak seperti ini
clock


Detail depan

detail depan

5. Setelah selesai semua pasang Regulator CPU ke main PCB dan pasang panel jam ke Cassing CPU

Meskipun harga jam digital dipasaran sangatlah murah tetapi jika kita bereksperimen sendiri tentunya akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat

* Untuk melihat detail gambar klik kanan gambar klik open new tab

Special Thanks to : Mr.Josepino http://josepino.com for open source project




Komentar»

1. dios - Juni 26, 2010

WAh keren juga tampilan CPUnya dengan jam digital,makasih mas atas bagi-bagi infonya

2. nurwidhi - Juli 7, 2010

mas minta source code nya buat atmega 16 donk…
aku tertarik banget tu…
kalo bisa kirim email cheche_dunk@yahoo.co.id

maaf untuk atmega16 saya lom coba

3. nurcahyaku2.co.cc - November 8, 2010

Sebetul aku pingin banget membuatnya, tapi kalau sudah berhubungan elektro saya o’on sekali, makasih saja dah infonya.

makasih telah berkunjung ke blog ini

4. agus - November 12, 2010

thanks mas? akhirnya bisa jg bikin jam digital kyak punya mas?

5. Yans Dana - Januari 12, 2011

Bos, blognya sangat menarik. Oh ya tolong dong rangkaian buat nge-flash PIC 16F628 dan software downloader Pic 16F628 di upload. Kalau bisa dikirimkan ke e-mail saya ya. Makasih banyaakkkkkk sebelumnya ya…. yansdana @ gmail.com

bisa menggunakan winpic

6. Purnama - Januari 25, 2011

Mas tolong diemailkan daftar Komponennya dan gambar rangkainya secara detail, saya sangat tertaik mau buat, soalnya beberapa toko elektonik tidak ada yang jual PCBnya, kira kira biayanya sampai berapa ya, thanks

Untuk Daftar komponen dan gambar rangkaiannya secara detail sdh tertera di gambar ( schematic ) rangkaian diatas.untuk lebih jelasnya klik aja gambarnya ( kurang besar Bisa di zoom ).Nilai-nilai komponennya juga sudah lengkap.

7. Ary Ramadhan - Maret 9, 2011

wah, keren postingannya, sy mau coba buat. tp sy bingung cara masukin program ke IC nya gmana mas?

di komentar saya pada pengunjung blog sebelumnya sdh saya sampaikan program apa yg digunakan

8. bagusasari - Maret 31, 2011

saya ingin sekali membuatnya, karena saya belum pengalaman dalam download program ke PIC 16F628,

mohon penjelasannya lebih Lanjut, adakah skema/kit untuk downloader PIC 16F628 sehingga saya bisa berexperimen dengan PIC 16F628, saya sangat tertarik untuk jam digital ini dengan 6 digit seven segment ( jam : menit: detik ).

maaf untuk kit masih dalam pengerjaan

9. sabil - Mei 4, 2011

bos tolong dong rangkaian buat nge-flash PIC 16F628 dan software downloader Pic 16F628 di upload. Kalau bisa sama caranya dikirimkan ke e-mail saya ya. Makasih banyaak

10. bagus - Juni 4, 2011

kalau jam digital dengan 6 digit gimana ya ? apa bisa dengan PIC 16F628, kalau bisa rangkaiannya gimana ? apa harus tambah rangkaian multiplex ?

mohon pebcerahannya..

trims//bagus

saya pernah baca2 bisa tapi maaf saya lupa linknya dan belum melakukan ujicoba

11. day - Juni 25, 2011

bang kalo rangkaian downloadernya bisa tlng sent ke email saya???downloader 16F84 apakah sama dengan 16f628?
daytronika@yahoo.com tlng ya bang trims

sama dan tidaknya downloader 16F628 dg 16F84 kan bisa dilihat dari pinout kaki2nya mas,

12. dezzzz - Agustus 11, 2011

Mas link ziddu y gak nemuin file y + yg satu lagi ga free
kirim via email dewagamerz@yahoo.com .trim for nice info.

13. mahardhikacellular - Agustus 11, 2011

@dezzzz
di link ziddu source masih bisa diambil

14. waqwaq - Agustus 17, 2011

schema pengisian datanya gimana, maaf masih nubie???

15. jona - Juni 18, 2012

mas tolong dong di kasih gambar jalur pcb nya masing2,,biar mudah edit jalurnya lewat eagle,,tolong mas untuk pencerahannya,,

16. raka - Oktober 20, 2012

kren kang!
tpi kang upami bade di gentos ku led biasa kumha?

Bisa aja tapi kan harus dikasih driver dulu ke seven segmenyang dari led

17. wartana neversad - November 7, 2012

pengen gabung tapi ngk ngrti bgt ma elektronika… blh ikut belajar ngk

boleh saja silahkan


Tinggalkan Balasan

