jump to navigation

Solusi Handphone kena air Maret 26, 2009

Posted by mahardhikacellular in Handphone.
trackback

Saat musim hujan datang, selain bisa terjadi banjir, sakit muntaber, juga terjadi banyak sekali handphone yang bermasalah, ada yang mati total (matot), signal jadi lemah, dan banyak lagi problem akibat kena air hujan. Sengaja atau tidak kenyataan dalam keadaan bingung bila tiba-tiba hujan, maka handphone tidak tempatkan pada tempat yang bisa terlindungi dari air.
Ponsel kena air, bila diatasi dengan benar maka masalahnya jadi kecil. Tapi sebaliknya bila penanganannya salah maka bisa menjadi masalah besar, bisa fatal dan biaya akan membengkak bahkan ada yang harus di non aktifkan karena besar biaya dari pada harga handphonenya.
Kali ini akan disajikan cara menanggulang handphone terkena air, semoga bisa menjadi berguna pada saat yang hujan tiba atau handphone anda atau teman anda terkena air.

Persiapan Alat yang dibutuhkan :
1. Obeng T6
2. Blower
3. Cairan pembersih (IPA)
4. Sikat halus
5. Siong K
6. Power Suply

Yang tidak boleh dilakukan :
1. Jangan mengeringkan dengan cara menaruh handphone diatas TV, atau alat pemanas lainnya seperti oven, dll.
2. Jangan mencoba menghidupkan sebelum di tanggulangi atau diservis, apalagi dicoba dihidupkan berulang-ulang, sebab akan bertamba fatal akibatnya,
3. Usahakan melepas battery dan melepas casing serta biarkan terbuka dan tidak dibungkus agar mudah terjadi penguapan.

Langkah Penanggulangan :
1. Lepaskan casing handphone dan bila basah bisa di lap dengan kain lap yang lembut agar casing tidak rusak atau tergores.
2. Pakai obeng untuk membuka sekrup ponsel sehingga bisa terpisah antara LCD, PCB dan Body atau tulang tengah ponsel.
3. Bersihkan accesories berupa vibra, Mic, Speaker, Speaker phone, Lcd dengan hati-hati memakai lap lembut dan bersih.
4. Di bagian PCB yang terdapat IC, pertama yang dilakukan adalah :
a. Hidupkan blower (solder uap) dengan ukuran udara (Air) 3 dan panas 3 (Heater), Ambil Pcb lalu blower dengan posisi miring agar air yang ada dibagian bawah IC bisa keluar. Lalukan dengan sabar dan merata sampai dapat diperkirakan air sudah tidak ada atau kering paa Pcb.
b. Semprotkan IPA (cairan pembersih) ke Pcb dan mengenai kaki-kaki IC (bagian bawah IC), sehingga bila masih ada air maka air tersebut akan menyingkir. Setelah itu blower sepert langkah a. diatas.
c. Langkah selanjutnya, ubah posisi perbandingan blower menjadi Air 2 dan Heater 6, dengan maksud untuk mengaringkan bagian IC tertentu yang membutuhkan penanganan khusus. Diantaranya IC PA, dibutuhkan pengeringan yang sempurna, sehingga nantinya IC ini masih bisa berfungsi secara normal lagi. Kedua pada bagian Filter, sehingga tidak terjadi karat pada masa yang akan datang, sehingga berakibat ada suara gemersek atau bengung, dsb.
5. Finishing penanggulangan :
a. Beri Siong K pada IC BGA, seperti IC Power, Charging, Audio dan Pengontrol untuk key pad. Sebab pada bagian inilah yang sering bermasalah.
b. Panasi sekali lagi dan biarkan Siong K meresap di kaki-kaki IC, sehingga bisa menjadi perekat dan penyekat agar tidak terjadi korsleting akibat adanya air.
6. Adaptasi komponen
Setelah selesai penanganan handphone, tidak perlu tergesa-gesa untuk memasang lagi, tapi usahakan untuk dibiarkan dulu, minimal 1 atau 2 hari, sehingga betul-betul sudah terjadi netralisasi. Banyak handphone bisa diperbaiki setelah kena air tapi tidak berumur panjang karena terburu-buru dalam menanganinya dan ingin cepat bisa memfungsikan handphonenya kembali.

Bila setelah langkah ke 6 ternyata ponsel tidak bisa nyala, maka bisa dilanjutkan pada pemeriksaan memakai Power Suply. Dengan Langkah sebagai berikut :
1. Pasang kabel power suply ke konektor battery lalu beri volt sesuai hp nya, misal 3,6 V.
2. Lihat posisi jarum pada power suply untuk A : bila diam berarti tidak bermasalah.
3. Selanjutnya tekan On pada ponsel, serta lihat Amper pada power suply, bila diam saja maka terjadi masalah pada hardware nya (HW).
4. Bila saat ditekan on, amper pada power suply berjalan kurang lebih 50 mA, maka masalah ada pada software nya (SW),

About these ads

Komentar»

1. Sandy - November 28, 2009

Kalo N73 kna air sma jg ya?
tp saya hanya mengeringkan HP ny dengan kipas angin saja.
apa masih bisa digunakan nantinya?

hendaknya setelah kena air segera bateray di lepas.Dan bongkar casing hp kemudian hair dryer pcbnya atau panaskan dengan terik matahari.berlaku untuk semua hp.

2. nur widayati sri - April 4, 2010

kalo hp N5730 terkena air laut, apakah bisa diperbaiki?

bisa saja asalkan saat kena air jangan dihidupkan segera lepas bateray. dan bongkar hp hanya tinggal PCb boardnya saja dan celupkan dengan cairan IPA lalu keringkan,klo tidak punya cairan IPA cuci dengan tinner A tapi jangan lama2 mengkuasnya keringkan bila dirasa cukup pasang semua komponen dan hidupkan hp

3. dwi - Juni 13, 2010

pak tanya ya kalau hp habis kena air sudah dibersih kan sudah nyala tetapi masalahnya suara gak ada di pakai henset juga gak bisa bunyi dan kadanng pas henset dicolok ke jek hp langsung mati itu kenapa ya dan apakah masih bisa dibetulin , hp saya n 5310 expessmusic

setelah dibersihkan apakah juga sdh di keringkan (dengan hair dryer / di jemur di terik matahari) dan benar2 kering sebelum dinyalakan kalau tidak bisa saja iC Audionya short (rusak)klo hanya sekedar dibersihkan dan dinyalakan.coba cek atau bersihkan pin speaker dan board untuk pin speaker mungkin korosi,masalah headset yg di colok kadang mati itu bisa terjadi karena jack short (hubung singkat)dengan pin didalam female jack.

4. jeff - Juni 30, 2010

kalo BB kena air laut gemana ?

5. rara - Juli 28, 2010

kalo terendem air selama 1 jam ?,tapi airnya tidak terlalu banyak , masi bisa di perbaiki tidak ya?
Hp saya E75 tidak hidup

bisa asalkan saat kena segera bateray di lepas dan tidak menyalakan Hp selagi masih belum kering betul

6. martin - Agustus 7, 2010

kalau uda diperbaiki namun ga bisa juga gimana ?
apa harus diganti dengan ic cpu yang baru ?

Klo tidak bisa juga berarti ada hardware yg rusak akibat konslet.coba cek short tidak pada conector bateraynya untuk deteksi Ic PArusak atau tidak

7. Bintang - Agustus 26, 2010

Kalau sudah terkena air selama beberapa jam bagaimana??? apakah masih bisa dikeringkan dengan hair dryer???

bisa selagi saat habis kena air gak di hidupkan hpnya,btw HP ke rendem ke cuciann ada rinsonya aja bisa selamat.asalkan gak di hidupin habis kena air dan bateray langsung di lepas

8. coco - Oktober 31, 2010

btw, klo hp samsung corby kena air gimana? kira kira rusak ga?

semua tidak bisa dipastikan tetapi setidaknya penanganan sebelum dinyalakan lagi hendaknya sesuai panduan diatas

9. daan - November 18, 2010

kalo modem yg kena air gimana? (lbh tepatnya tercelup air). rusaak nih :(

sebenarnya klo modem kecelup air lebih mudah dan tidak fatal krn didalamnya tidak ada bateray asal dikeringkan sampai bersih bisa normal lagi.tetapi jika belum kering dan di coba konek ke pc tentunya berakibat Fatal bisa mati krn terjadi short komponennya

10. dwi jayanti - Desember 21, 2010

pak klo hape samsung type star wifi s5233 kena air gmn ??touch screeen hapenya??mhon balas makansih

perlakuan Hp yg kena air solusinya sama saja sperti diatas jangan dinyalakan selagi blum benar2 kering,jika masih tetap matot(mati total ) terpaksa harus di flash ulang alternatif kedua sebelum ganti komponen (tentunya hrs yg berpengalaman dalam hal ini)

11. nanda - Januari 28, 2011

pak kalo hape kena aer, belum kering bener trus kelanjur di hidupin beberapa kali namun cuma layar putih (blank)apa masih bisa diperbaiki???
mohon pencerahannya….

Bongkar Hp.dan keringkan board sampai benar2 kering.nyalakan coba buat call atau di call kalau bisa coba cek konektor LCDnya.klo blank putih berarti yang nyala hanya led LCDnya saja.Perkiraan pertama yang rusak LCDnya

12. sutano - April 3, 2011

klo hp mti krna air pa bner cpu kna tw gmna soal”y td say mnglami kerusakan pda hp sya kra cma LCD ny ja yng kna tp pas udah di gnti LCD Nya tba2 mati sndiri,knpa ya?

setelah di ganti lcd apa hny layar gelap atau led keypad masih nyala.klo keypad masih nyala kemungkinan lcdnya rusak lg (jika masih Bisa di call )jika itu tdk terjadi berarti IC PA saat di hidupkan mengalami short krn kemungkinan masih ada sisa air di sela2 IC

13. sutano - April 3, 2011

bls sgra ya pak

14. kartika - Mei 4, 2011

pak,hp sy kena air dan sy coba masih nyala. tp koki gag bisa buat loudspeaker kalo tlp ya??bgmna solusinya?thx

coba bersihkan konektor Loudspeakernya atau tarik sedikit pin loudspeakernya agar menyentuh Pcbnya lebih kuat.Atau lepas loudspeaker klo ada multimeter ukur pakai skala X10ohm pada loudspeakernya klo bunyi krek..krek…berarti loudspeaker Ok.atau kalau nggak ada multimeter pakai bateray 1,5volt hubungkan ke loudspeaker klo bunyi krek..krek… berarti Ok tetapi jangan lama untuk memastikan loudspeaker ok atau tidak

15. widha - Mei 6, 2011

kmaren bb saya kena air laut, kalo udah terlanjur dicoba dinyalakan tp di led nya cuma kedip2 merah tdk mau nyala, apa msh bisa dibenerin ya? :( makasih

Klo sdh dibersihkan dan kering betul masih tetap kemungkinan IC PAnya kena

16. erma - Juni 27, 2011

di bagian headset & tempat pencolokan pengisian baterai saya kena air kemudian lama kelamaan error kemudian saya restart dan restar lagi gimana cara memperbaikinya?

17. Hermione Gerager - September 21, 2011

ak kn marah krna hp rusak

18. Hermione Gerager - September 21, 2011

aku kna mrh gra gar hp rsk?

19. anny - November 21, 2011

hp saya kena air,tpi dh terlanjur saya hidupkn smp 3 x.layar blang hitam.tapi saya panggil msih bisa nyambung.mohon solusinya?

coba ganti dulu lcdnya

20. Strife - Desember 18, 2011

hp sy kenana air smaleman. Krna sy sdang ngecas n ga sadar kalau kebocoran. Setelah sy liat hp udah basah, tapi masih nyala. Langsung sy pke internetan, bisa. hanya saja ada masalah pada keypad, ada beberap tombol yg menekan terus, pdhl ga sy tekan. Krna masih subuh sy ga bisa ngeringin hp dg sinar matahari. krna hp sy sony jd sy ga bisa ngebuka cassingnya. Sy lebas batrenya terus sy bungkus rapat dg plastik n sy masukan dlm kulkas. Masih error juga keypadny, sy tekan2 tombol * terus2n. Alhasil hape bener. Tapi ada satu tombol yg tidak bs d tekan. Gimana ya cara memperbaikinya?

klo tidak bisa ditekan tentunya cassing hrs dibuka dan cek keypadnya /buka keypad coba konsletkan jalur pcb keypad dengan obeng klo normal berarti plastik keypad tidak menyentuh jalur keypad.tentunya hrs diganti atau bersihkan klo nggak ya di ganjal saja keypadnya dengan isolasi pada pada bagian atas plastik keypadnya

21. nony wahyuni - April 6, 2012

mau nanyak ni
smalam kun hp ku kecelup air hujan
trus ak hidupkan, layarnya putih
trus ak bukak batrenya trus ak hdupkan lgi
teryata hidup
tapi kok sekarang uda gak hidup lagi ??
kira2 itu yg rusak apanya iya ??
hp kU BB gemini
mohon bantuannya ia ….

kebanyakan orang kalau hp kecelup air pasti nggak sabar untuk menghidupkan untuk cek nyala atau tidak bila itu dilakukan akan fatal akibatnya akan menjadi matot/mati total.padahal hp walau ke rendem air deterjen selama 4 jam saja begitu ketahuan langsung di bongkar dan dikeringkan akan selamat.untuk kasus diatas biasanya kena IC PAnya.

22. arip - Mei 28, 2012

ha saya kecebur,terus saya jemur di bawah lampu duduk untu belajar,setelah 3 jam hp saya hidup,tap lcdnya msih bsah..kemudian saya jemur dibwah lampu….sampai subuh…ketika subuh di cek….eh malah mati total,kanapa ya?

Saat dijemur dibawah lampu apakah bateray dilepas? klo tidak itu yang jadi masalah.Dan juga LCD tidak boleh kena sesuatu yang sangat panas akan akan merusak LCD.Klo sdh benar kering coba dinyalakan meski LCD mati coba di panggil apakah bisa klo masih bisa berarti LCDnya yg rusak.

23. osyi - Agustus 1, 2012

masalah saya: hp yang abis kejebur tu langsung saya hidupkan, trus mati dah itu apakah bisa diperbaiki sendiri??? dan jika masih bisa carax bagaimana ya???

Kalau langsung dihidupkan tidak dikeringkan dulu kerusakan akan bertambah fatal dan tidak bisa diperbaiki sendiri krn pasti ada componen yg rusak dan menggantinya hrs dilakukan oleh teknisi.

24. aidil - Agustus 13, 2012

HP saya samsung galaxy ace, LCDnya udh ane buka n udh ane bersihkan,,! ! ! Pi klo dinyalain koq masih ada bercak air di LCDnya,,? ? ? perlu diapain lagi tuch,,? ? ?

Bercak Air yang dibelakang LCD krn air masuk disela2 paper yang menempel di LCD,Klo semua sdh kering dan masih ada kelihatan seperti bercak air bisa di hair dryer,klo nggak bisa biarkan saja nanti akan hilang sendiri akibat kena rambatan panas LCD.yg penting main Board sdh kering semua

25. awar - November 26, 2012

saya baru sadar hp saya kena air. tapi malah aku hidupin berkali-kali baru langsung dijemur terus aku coba hidupin tp gak nyala2, malamnya saya lupa mencopot batrenya

malah matot dong….

26. eko rahwanto - Januari 4, 2013

pak HP saya samsung android sliding kena air pada waktu saya terpeleset dipantai. saat itu celana saya terendam bentar banget. padahal di dalam celana ada HP saya..habis itu saya copot baterenya n saya jemur sinar matahari…siangnya hape saya dicoba ma adik saya..dia bilang nyala tapi touchscreenya mati…nah kemudian dia matiin lagi hapenya..terus malamnya dia coba lagi ndak bisa hidup sama sekali..

nah saya saranin untuk kipasi selama semalam..paginya di coba masih ndak bisa…

kalau untuk masalah seperti ini masih bisa dilakukan prosedure anda yang diatas ndak pak?

atau ganti IC PA nya?

klo sudah pernah dinyalain sempat hidup dan jadi mati prosedur diatas gak bisa dilakukan lagi,krn sdh konslet akibat dihidupkan krn belum benar2 kering,bisa jadi PAnya tapi juga perlu pemeriksaan lebih lanjut mungkin lainnya

27. eko rahwanto - Januari 4, 2013

tolong bantuanya pak

28. sony - Januari 14, 2013

pak hp saya galaxy y. kena hujan setalah saya hidupakan ternya ta layar putih blank da bercak- bercak air, kemudian saya bongkar total saya termasuk LCD nya, setelah dirakit hp nyala ada suara booting, tp layar tetep blank putih da bercak air…kira – kira apanya yang problem ya pak?rencana mau dibawa keservis center di minta 200rb. mohon secepatnya dibalas..trima kasih

saat di hidupkan apa sdh benar2 kering,dan saat hidup meski layar blank putih coba di call bisa masuk gak nada panggilnya,klo bisa berarti bisa jadi cuman rusak LCDnya.dan layar blank putih itu yang nyala cuma led backlight LCDnya aja

29. oji ectanov - Januari 25, 2013

hp ku terkena air ujan lumayan bnyk ,, trus aku udh terlanjur coba” idupin ,, ternyata nyala tp tombol powernya gk berfungsi ,, dan lcdnya tiba” kedipkedip .. lalu saya buka semuanya batre n memory dan simcard , , itu msh bsa d tolong gk gan ?? hp ku samsung galaxy ace tolong y gan sblum ku bawa ke konter hp

30. sahrul idhlan - Maret 21, 2013

hp ku tercebur bos. stelah dibersihkan dibongkar,dibersihkan dan dikeringkan saya coba satukan kembali, ternyata dilayar muncul tulisan contact servis (nokia 1200), yang BB tetep mati. gmn itu gan??

31. Oxlade - Maret 22, 2013

Saya mau tanya nih :)
Hp sayang kan 5230.
Pas saya lagi ke pantai, gak sengaja hp itu kena air laut, tapi sama saya langsung di nyalain sampai 3x lebih, pas di nyalain LCDny gak nyala sama sekali, tapi tombolny nyala.
Udah saya bongkar semuany, terus di keringin di bawah sinar matahari, terus saya nyalain, tapi malah mati total.
Saya benerin ke counter, tapi selama 3 minggu lebih, hp saya tetep gak jadi.
Cara mbeneriny gimana ya, kasih solusi ?
Terima kasih :)

mahardhikacellular - April 27, 2013

Malah tambah parah klo setelah kena air di coba untuk di hidupin krn ada komponen yang langsung short,seharusnya begitu ketahuan kkecebur air bateray langsung lepas dan keringkan sampai kering betul,Klo sudah terlanjur begitu mau gak mau harus dibawa ke teknisi HP

32. yunia budi - Agustus 25, 2013

pak, bantuanya dong, hp sy kena air detergen, kurang lebih 1 semitan pak. udah saya rendam di beras selama 6 jam, tp barusan sy coba nyalakan lcdnya gak jelas, nyala sih nyala, cuma jadi blank hitam. karena tulisannya gak kebaca, kebaca dikit garis2 gitu pak. hp saya samsung galaxy ace.
waktu sy keluarkan dr air saya guncang2 pak, maksud biay air keluar.. tp malah kejadiannya begini. mohon bantuannya pak.

kenapa kok pakai di rendam dalam beras segala,maksudnya biar hangat gitu ya….,Seharusnya begitu kena air lepas bateray dan langsung bongkar cassing lalu dibersihkan airnya/bisa juga dikeringkan dengan hairdryer atau pakai sinar matahari,bukan dimasukin beras.
Kalau saat diguncang2 biar air keluar tapi bateray tidak dilepas ya bertambah parah krn short jalurnya,
Buat yang lainnya biar nggak bertambah parah bila kena air,LANGKAH PENTING YANG HARUS DILAKUKAN ADALAH LEPAS BATERAY SEGERA.

33. riza - November 13, 2013

ku mnt solusi pak,,,hp ku bb dvs 9220,,,kn air…aku lngsung leps btre n keringan pakai lap kain,,,sdh akumbw ke cntr bb kt aici power n cpu y,,,kena,,,kira” msh bs diperbaikin atau tidk?n jk gnti msein bgimn/mksh

34. riza - November 13, 2013

pak tlg solusi y,,,,,n dmpk y jk diservis ap?hp in ku cb idupkn lampu y n kipet hidup tpi lyr y mati

35. Cia - Desember 13, 2013

Hp aq 7310 supernova kena air asin aq kringin jemur seminggu tetep gk bs nyala ampk ckrg matot aq bwa k tkang service ktx udh gk bs dbetulin gmn th kci tau d0nk?

kalau tukang service sudah angkat tangan berarti sudah parah dong

36. memey - Desember 29, 2013

Hpku nokia kena air dan msh bisa nyala tp keypad g berfungsi sama sekali… udh diservice tp tetep z g bisa. Kira kira apanya ya

keypadnya gak bisa semuanya apa sebagaian,klo semuanya ada rusak hardwarenya,klo hny sebagian kemungkinan bisa di coba ganti paper keypadnya mungkin berjamur

37. lastboze - Maret 3, 2014

Pak saya lagi pegang hape temen saya,hape itu sebelumnya kecemplung dipispot,sempet mati,tapi uda diservis uda nyala lagi,trus dia ngeluh kesaya minta tolong karena pasca servis signal hapenya hilang sama sekali,kaya mode pesawat tapi bukan mode pesawat,mohon pencerahannya

Syukron Baarokallah fiykum ..nice bekerja-sama dengan dirimu
assalamualaikum..

coba cek pin antenna internal pada cassing apa sudah menempel dengan jalur pada pin antena yang ada di main pcb

38. Anonymous - Maret 19, 2014

Pak hp saya samsung galaxy y gt s 5360 barusan tadi siang kecemplung di kmar mndi dan lngsng saya angkat.. tp td dlm kondisi nyala dan tiba2 mati.. trus saya cba kringkan dgn tissue saja..dan saya tiup.. saya cba nyalakan tp tidak nyala apakah hp saya msih bisa nyala atau tidak? Terima kasih pak untuk kerja samany..

seharusnya saat masih nyala segera lepas baterainya biar tidak tambah parah,klo sdh dikeringkan dan tdk mau nyala berarti sdh konsleting antara kaki komponennya da rusak

39. antrhax01 - April 2, 2014

pak, hp saya Samsung Galaxy Grand kmaren kena air hujan, lcd sempat mati, tapi mesin masih nyala, trus saya anget2in kira2 12 jam lcd udah mau nyala tapi masih ada bercak air di lcd nya, bisa hilang gk ya? apa harus dibuka dan dilap dulu?
dan masalah mesin, kalau udah nyala normal brarti udah aman ya?

mahardhikacellular - April 5, 2014

klo masih bisa nyala keringkan benar2 kering,tp untuk lcdnya jangan di hairdryer ntar malah rusak.klo bekas bercak2 di lcd itu biasanya kertas yg dibawah lcd masih basah biasanya bercak itu akan hilang,krn pernah lcd sampai kelihatan bercak sampai lcdnya kayak bening masih bisa normal kembali setelah kering kena panas dari lcdnya sendiri

40. reza haikal - April 19, 2014

pak, hp saya galaxy grand terendam air banjir sepertiga bagian hp nya secara horizontal. tetapi setelah dicoba dikeringkan hp berfungsi normal, tidak ada masalah. cuma ada bercak-bercak air di lcd nya, sama embun di bagian kamera depan. solusinya gimana ya pak? apa saya harus ganti lcd? terimakasih banyak pak

sama seperti jawaban saya pada pengunjung diatas anda,klo semua sdh kering,bercak lcd itu lapisan paper dibawah lcd yg masih basah.klo lcd type socket lepas saja lcdnya dan lap bagian bawah lcd.dan pasang lg,klo masih timbul bercak biarkan saja nanti biasanyahilang dengan sendirinya,pernah kasus hp terendam di bak cucian yg ada rinsonya selama 2 jam cabut bateray dan dikeringkan tp lcd jadi ada bercak dan text jadi transparan seperti tdk ada backlightnya bisa normal.*jangan mengeringkan LCD dengan hairdryer krn akan merusak cairan lcd kena panas hairdryer.semoga bisa jadi solusi

41. stefanus eric - Juli 16, 2014

Pak , xperia C saya kecemplung ke air, sudah bs nyala tapi touchscreennya ga berfungsi, baterai xperia C ga bs dilepas manual, apa yg hrus sy lakukan? Kamera jg berembun..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: